Aturan Baru Adu Penalti Di Piala Dunia 2022 Qatar?

Ofisial FIFA telah memberikan presentasi tentang aturan yang akan digunakan jika terjadi adu penalti di pertandingan Piala Dunia Qatar 2022. Yuk simak aturan pertandingan dibawah:

Bagaimana Aturan Kompetisi untuk Piala Dunia 2022 Qatar?

Beberapa bulan yang lalu, FIFA mempresentasikan peraturan yang akan diterapkan di Qatar 2022 dan yang akan serupa dengan kompetisi lain:

  • Babak Penyisihan Grup: 3 Poin diberikan untuk kemenangan; 1 Poin jika terjadi hasil imbang.
  • Babak Sistem Gugur: jika terjadi hasil imbang, akan ada perpanjangan 30 menit yang dibagi menjadi dua bagian masing-masing 15 menit di akhir waktu reguler dan jika hasil perpanjangan masih imbang, akan ada adu penalti untuk menentukan pemenang.

Bagaimana Pelaksanaan Penalty Diputuskan di Piala Dunia 2022 Qatar?

Aturan kompetisi menyatakan bahwa hanya pemain yang berada di lapangan permainan sebelum akhir pertandingan yang akan diizinkan untuk mengambil penalti, yaitu tidak akan ada perubahan pada akhir waktu tambahan, dengan satu-satunya pengecualian kiper, asalkan tim yang ingin melakukan perubahan masih memiliki pemain cadangan yang tersedia. Jika tidak, penjaga gawang harus menjadi pemain lapangan, memenuhi syarat sebagai penjaga gawang.

Kedua tim harus menendang dengan jumlah pemain yang sama. Jika salah satu tim memiliki jumlah pemain kurang dari 11 pemain selama pertandingan, apakah karena cedera dan dibawa keluar lapangan atau diusir keluar lapangan karena pelanggaran berat, maka tim lawan harus mengurangi pemain sebanyak yang diperlukan untuk menyamakan jumlah pemain dengan tim lawannya.

Jika setelah 10 tendangan (lima per tim) skor pertandingan masih imbang, akan ada adu penalti sudden death, di mana setiap tim akan memiliki satu tendangan penalti dan tim pertama yang finis di belakang pada akhir babak akan keluar.

Tidak ada pemain yang diizinkan untuk menembak dua kali sampai rekan satu timnya yang lain, termasuk kiper, telah mengambil giliran tendangan mereka.

FIFA menjelaskan bahwa tendangan penalti ini tidak akan diperhitungkan dalam statistik pencetak gol para pemain.

Artikel Pilihan di Goals.id
Tim Amerika Serikat menjadi Tim Piala Dunia pertama yang tiba di Qatar

Baca artikel menarik berikutnya...